Tuesday, October 9, 2018

Aplikasi bermain dan belajar (bahasa inggris)


Bermain dan Belajar

Sebagai syarat nilai softskill mata kuliah pengetahuan teknologi internet dan new media, saya diwajibkan untuk membuat sebuah aplikasi secara imajinatif. Aplikasi yang saya buat ditargetkan untuk anak-anak sekolah tingkat dasar dari kelas 1 sampai kelas 6. Dengan mempertimbangkan berbagai hal saya membuat aplikasi untuk pembelajaran bahasa inggris. Iphome sebagai platform aplikasi imajinatif yang akan saya buat. Seiring perkembangan zaman hampir semua anak memiliki iphone sebagai media permainan, inilah alasan utama mengapa saya memilih iphone sebagai platformnya.
            Alasan saya membuat aplikasi yang fokus dalam pembelajaran bahasa inggris adalah sebagai pondasi awal anak-anak sekolah dasar agar mau belajar bahasa inggris dari usia dini. Kita semua tahu tentang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dimana semua negara di Asia tenggara tidak memerlukan visa/work permit untuk kerja di negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Untuk itu komunikasi merupakan hal dasar yang harus kita kuasai dalam hal ini bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris. Percuma jika kita ahli dalam bidang pekerjaan kita jika kita tidak bisa berkomunikasi dengan rekan kerja kita bukan??
            Berikut ini saya akan menjelaskan cara kerja aplikasi saya secara sederhana, semoga kalian mengerti ya ^_^. Ketika memulai permainan akan muncul gambar hewan, tumbuhan, benda dan sebagainya. Pengguna harus menuliskan nama objek tersebut dalam bahasa inggris. Jika salah maka pengguna tidak bisa lanjut ke pertanyaan berikutnya, jika benar kita bisa sekalian belajar pronounciationya loh, dengan mengklik simbol speaker yang ada di samping jawaban pengguna dan akan keluar suara pronounciation objek tersebut.
            Nah itu konsep jika targetnya adalah anak-anak sekolah dasar. Dengan adanya aplikasi ini mereka bisa belajar sambil bermain. Jika aplikasi ini ingin dikembangkan ke target yang lebih tinggi seperti SMP atau SMA makan kita bisa membuat sistem level dalam aplikasi ini dimana SD (Beginner),SMP (intermediate) dan SMA (Advance). Terima kasih telah membaca tulisan saya, semoga dapat menjadi insipirasi bagi kita semua.


Oh iya kalau mau melihat contoh layout aplikasinya silahkan aja klik di sini

2 comments: